You are here:

Mengetik Bikin Anak Jadi Bodoh?

 

Melihat berita di Vivanews tentang mengetik bikin anak jadi bodoh, aku jadi ingat anak perempuanku yang baru berumur 3.5 tahun.

Namanya Ailsa, dia sangat suka sekali belajar apalagi komputer. Tiap hari dia selalu membuka komputer dan belajar apapun yang ada di situ termasuk urusan ketik mengetik.

Melihat itu aku senang tapi juga takut karena dia masih terlalu kecil untuk belajar komputer. Apalagi setelah membaca artikel di vivanews tersebut yang mengatakan bahwa mengetik bikin anak jadi bodoh.

Berita itu berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Profesor Anne Mangen dari Staanger University yang dipublikasikan pada Advances in Haptics journal. Profesor ini membagi dua kelompok yaitu kelompok yang menulis tangan dan yang mengetik di atas komputer.

Dari penelitian tersebut hasilnya anak yang  menulis tangan lebih baik daripada anak-anak yang mengetik di komputer.

Lalu apa alasannya?

Ternyata saat membaca dan menulis, anak-anak melibatkan semua indera untuk mengenali huruf-huruf dan bagian otak yang terlibat adalah sensorimotor.

Nah di saat anak-anak menulis dengan tangan maka akan membutuhkan waktu yang lebih lama dari pada mengetik di keyboard.  Di saat inilah bagian otak yang terlibat dengan bahasa akan mempengaruhi proses belajar seseorang.

Ini tidak di jumpai bila anak mengetik pada keyboard, sehingga anak-anak tidak mengalami pengalaman yang mendukung mekanisme pemahaman yang sama dengan ketika ia menulis.

Penelitian ini kalau di telaah berarti dengan menulis anak akan lebih lama memahami huruf per huruf dibandingkan dengan mengetik yang cenderung tidak memperhatikan karena tinggal tekan saja.

Penelitian itu membuat aku harus lebih memperhatikan kegiatan anakku di depan komputer setidaknya harus dibatasi dulu. Mendingan aku didik  untuk menulis atau mengenali huruf dengan cara menulis.  He he he mudah-mudahan saja mau, soalnya anakku kalau sudah di depan komputer gak bisa dibilangin.

Posted by Admin 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Jan
26