You are here:

6 Langkah Sederhana Untuk Menulis Posting Terbaik

 

Pagi hari ini kebetulan Aku berkunjung ke sebuah blog yang sangat terkenal yaitu dailyblogtips.com. Blog ini banyak sekali memberikan tips-tips seputar aktifitas blog dan kali ini aku tertarik dengan  sebuah artikel yang  berjudul  6 langkah sederhana untuk menulis Posting Terbaik.

Karena aku pingin berbagai makanya artikel ini aku tulis di blogku ini dan tentu saja dengan bahasaku sendiri. Dari Artikel ini sobat bisa mempelajari bagaimana sih cara menulis posting yang baik sehingga nantinya posting yang sobat tulis benar-benar berkualitas dan banyak disenangi oleh pengunjung.

Berikut ini 6 langkah sederhana untuk menulis posting terbaik yang disampaikan oleh guest tamu di dailyblogtips bernama Ali Lukas:

1. Mengetahui Tujuan Dalam menulis

Setiap akan menulis posting ketahui terlebih dahulu apa tujuan sobat, apakah ingin memberi informasi atau ingin menghibur, menginspirasi atau bahkan mendorong.

Dengan tujuan yang jelas, sobat akan lebih mudah untuk menulis posting, tapi ketika memilih suatu tujuan Pilih yang sobat kuasai dan benar-benar bisa menunjukkan kemampuan sobat dengan begini sobat akan bisa membangun kepercayaan dari pembaca.

2. Membuat Struktur

Setiap kali membuat posting sobat membutuhkan struktur yang jelas, harus memiliki awal, tengah dan akhir, contoh seperti :

  •  Pendahuluan, ini harus menarik perhatian dan juga mengatur ruang lingkup posting
  •  Bagian utama dari post, dimana sobat harus memberikan apa yang telah sobat janjikan dalam judul dan pendahuluan
  •  Kesimpulan, ini mungkin singkat cuma satu kalimat saja tapi ini sangat penting untuk menggambarkan semua isi posting.

Tanpa adanya struktur yang jelas posting yang sobat buat akan terkesan membingungkan dan seperti dibuat secara tiba-tiba.

3. Menulis Langsung ke Pembaca

Ketika sobat menulis sebuah posting harus fokus pada pembaca dengan cara menghindari paragraf panjang tentang sobat sendiri. Seringkali gunakanlah kata “Anda” atau kata lain yang menunjukkan pada satu orang pembaca. Dengan begini posting yang sobat tulis akan terlihat santai dan ramah.

4. Tambahkan Subheading dan format

Subheading sangat penting jika artikel yang sobat tulis melebihi 400 kata dengan melakukan ini pembaca akan lebih mudah memahami atau memetakan posting sobat dan membiarkan mereka langsung melihat dimana satu topik berakhir dan yang lain dimulai.

Sedangkan untuk format tulisan akan membantu pembaca atau pengunjung dalam membaca isi posting. Seperti :

  • Gunakan bullet point, pengunjung akan lebih suka membaca dengan bullet point dari pada dengan paragraf yang padat dan panjang.
  • Tambahkan teks tebal untuk kalimat kunci atau masukan tanda kutip format “blockquote” sehingga terlihat menonjol.
  • Pastikan posting yang sobat tulis menarik bagi pembaca

5. Edit Post sobat

Mengedit post merupakan hal yang wajib bagi seorang blogger kecuali jika sobat percaya diri dengan apa yang sobat tulis. Ini bukan berarti mencari kesalahan tulisan saja, tapi juga menjadikan post yang sobat tulis menjadi lebih baik.

Ketika sobat mengedit post perhatikan dan pertimbankan berikut ini:

  • Apakah ada garis singgung dalam posting sobat yang harus dihapus
  • Apakah sobat menggunakan kata yang sama atau frase terlalu banyak dalam sebuah paragraf.
  • Apakah sobat memiliki kalimat-kalimat panjang dan rumit yang sebenarnya dapat ditulis dengan lebih sederhana

6. Sertakan Panggilan yang kuat untuk bertindak

Sebuah ajakan untuk bertindakan melakukan sesuatu yang spesifik  merupakan hal yang sangat penting dan berikan ini pada akhir posting sobat.  Dan dengan melakukan ajakan untuk bertindakan akan bermanfaat sekali bagi sobat, contohnya seperti berikut ini :

  • Mendapatkan lebih pengunjung (“Jika sobat menikmati ini, silahkan klik tombol untuk berbagi”)
  • Menjual produk atau layanan sobat ( Klik disini untuk mengetahui lebih lanjut tentang ebook saya yang terbaru)
  • Melibatkan pembaca dengan blog sobat(Meninggalkan komentar dibawah ini untuk memberitahu saya apa yang sobat pikirkan”)
  • Membantu pembaca mendapatkan hasil yang baik (“waktu lima menit hari ini untuk mengikuti langkah-langkah tindakan sederhana”)

6 Langkah sederhana untuk menulis posting terbaik di atas  menurut saya sangat bagus dan ini akan dapat membantu blog sobat lebih berkembang dan lebih baik lagi dari pada yang sebelumnya. Tapi jika sobat kurang setuju dengan langkah-langkah diatas bisa kok berkomentar di sini untuk mendiskusikannya. Tapi jika pingin lebih jelasnya atau ingin mengetahui tentang tips lain yang lebih berkualitas bisa mengunjungi dailyblogtips.com

Keyword dari Pencarian:

  • langkah-langkah memposting (14)
  • langkah langkah memposting (12)
Posted by Admin 5 Responses
     

5 Responses to “6 Langkah Sederhana Untuk Menulis Posting Terbaik”

  1. Rochyan says:

    terima kasih banyak infonya.

  2. Bimo says:

    sama-sama orang solo gan.. kunjungan balik ke blog ku ye.. thanks

 

Leave a Reply to this Post

Nov
1