You are here:

Saatnya Kita Kembangkan Konten Indonesia

 

Beberapa hari yang lalu saya menghadiri pertemuan blogger se kota solo dan sekitarnya yang dalam hal ini dipelopori oleh blogger bengawan, XL , Idblognetwork serta Blogger Nusantara. Dalam pertemuan tersebut ada hal yang sangat menarik yang perlu sobat ketahui dan kalau perlu di sebarluaskan ke teman-teman sobat yaitu tentang Konten Indonesia .

Ada apa dengan konten Indonesia? Pasti sobat bertanya begitu.

Tau gak sobat, Konten Indonesia yang kita bangga-banggakan ternyata telah dimanfaatkan oleh Negara lain di acak-acak serta diperjualbelikan dan kita tidak bisa berbuat apa-apa. Dimana hati nurani sobat mendengar ini? Pasti marah dan mengecamnya.
Begitupun dengan saya, pada waktu mendengar apa yang disampaikan oleh mas Sony yang pada waktu itu menjadi pembicara dalam pertemuan tersebut. Dengan gamblang mas Sony menunjukkan salah satu konten Indonesia yang dimanfaatkan dan diperjual belikan di Android Market yaitu Wayang Kulit.

Sungguh sangat memprihatinkan, wayang kulit yang harusnya diiringi oleh musik jawa di ubah oleh pencipta aplikasi ini yaitu Anakule Studio yang merupakan orang Belanda menjadi diiringi musik sunda. Bayangkan betapa diacak-acaknya konten Indonesia olehnya. Dan yang lebih parah lagi orang ini memperjualbelikannya di android market dengan harga $1.03. Sehingga Negara lain sekarang mengira bahwa wayang kulit itu diiringi musik sunda.

Sebenarnya masih banyak contoh Konten Indonesia yang diambil oleh orang lain untuk dimanfaatkan. Apakah dengan kejadian ini kita akan diam saja? Tentu saja tidak, seharusnya kita mengambil pelajaran dari semua kejadian ini. Yaitu bagaimana kita bisa menjaga konten Indonesia, agar tidak diacak-acak oleh orang lain dan bagaimana cara kita untuk mengembangkannya menjadi lebih baik lagi.

Wah… kalau untuk menjaga aku bingung harus berbuat apa? Hmm…. sobat jangan berkata begitu , ada banyak cara untuk menjaga konten Indonesia. Coba tanyakan pada diri sobat, apa kemampuan sobat saat ini, apakah bermusik, membuat program, ngeblog atau yang lain.

Nah dengan kemampuan yang sobat miliki kita bisa menjaga Konten Indonesia yang kita cintai ini. Bagaimana caranya?
Misalkan saja, sobat suka bermusik. coba manfaatkan skill ini untuk mengembangkan musik-musik daerah yang sekarang ini mulai tenggelam. Sobat bisa sebarluaskan lewat internet , radio dan televisi ataupun video. Dengan begini teman-teman atau adik-adik sobat yang belum tahu tentang musik daerah akan tertarik untuk mempelajarinya dan saat itu mereka mulai menjaganya. Dan saat itu pula dimana-dimana mulai diperdengarkan musik maupun lagu tradisional bahkan RBT pun nantinya di dominasi oleh musik dan lagu daerah.

Contoh yang lain jika sobat suka membuat aplikasi terutama game, jangan hanya mengembangkan aplikasi yang berbau luar negeri saja. Coba buat game yang mengambil tema permainan tradisional Indonesia yang mulai terlupakan seperti dhakon, gobak sodor, bermain kelereng dan egrang. Permainan tradisional ini sangat mungkin untuk dikembangkan menjadi game yang mendunia. Dan kalau ini benar-benar bisa dibuat maka Negara lain akan bilang “oooo… ternyata permainan tradisional Indonesia sangat menyenangkan”.

Sungguh hal yang sangat menggembirakan dan perlu kita harapkan Konten Indonesia terkenal keseluruh dunia dan tersebar dengan benar dan tidak di acak-acak oleh orang lain.

OK sobat ayo lakukan sekarang jangan di tunda lagi!!! Sobat bisa apa untuk menjaga dan mengarahkan Konten Indonesia ke arah yang lebih positif?

Keyword dari Pencarian:

  • speedbooster EC176-2 (17)
Posted by Admin 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Dec
18