You are here:

Google Bouncer, Detektor Virus Untuk Android

 

Google Bouncer, adalah sebuah layanan dari Google yang ditujukan untuk melakukan scan terhadap aplikasi yang ada di Android market untuk melihat apakah aplikasi tersebut bersih dari virus atau tidak.  Atau bisa dibilang Google Bouncer detektor virus untuk android.

Walaupun baru diperkenalkan sekarang, sebenarnya layanan ini sudah beroperasi hampir satu tahun lebih. Awal dari adanya layanan Google Bouncer ini adalah karena banyaknya anggapan terhadap sistem operasi mobile Android tidak aman. Seperti yang diungkapkan oleh Symantec kemarin yang menyatakan bahwa Virus di Android berasal dari jaringan iklan. Hal ini membuat google gerah dan akhirnya meluncurkan layanan ini.

Google Bouncer ini menurut Vice President of Engineering Google, Hiroshi Lockheimer bahwa layanan ini akan secara otomatis memindai Android Market untuk mengetahui kemungkinan adanya aplikasi yang berbahaya.

Lalu bagaimana cara kerjanya?

Lockheimer di dalam blog resmi perusahaannya mengatakan cara kerjanya adalah sekali aplikasi diunggah maka layanan akan segera mulai menganalisanya untuk mengetahui apakah ada malware, sypware dan trojan. Disamping itu layanan ini juga akan melihat perilaku yang mengindikasikan sebuah aplikasi nakal dan membandingkannya dengan aplikasi yang sebelumnya dianalisis untuk mendeteksi kemungkinan tanda peringatan.

Android yang saat ini menjadi favorite di kalangan pengguna memang rentang terhadap serangan virus. Seperti sobat ketahui aplikasi apapun bisa di dapat di Android Market dengan harga murah dan bahkan gratis. Tapi dengan adanya layanan Google Bouncer ini serangan-serangan tersebut sekarang bisa dengan mudah diketahui.

Bagaimana dengan sobat apakah sudah merasakan layanan dari Google Bouncer?

Posted by Admin 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Feb
4