You are here:

Virus di Android Berasal dari Jaringan Iklan

 

Apakah sobat memiliki ponsel atau tablet Android? tahukah bahwa virus yang ada di Android ternyata berasal dari jaringan iklan. Hal ini diungkap oleh Symantec yang menyatakan bahwa virus yang ditemukan dalam 13 aplikasi dari Android Market menyerang lewat jaringan iklan di program tersebut.

13 aplikasi tersebut menurut Symantec di sebut dengan Android Counterclank yang diklasifikasikan sebagai Trojan horse atau malware. Selain itu Symantec juga menemukan aplikasi tersebut juga mirip dengan Android TonClank yang ditemukan juni tahun lalu.

Virus yang ada di android ini telah memakan banyak korban karena setidaknya kode android Counterclank telah di unduh 1 juta hingga 5 juta kali  dan ini merupakan jumlah download terbesar. Lalu apa yang terjadi jika terkena virus Android Counterclank  ini?

Menurut Symantec virus tersebut akan mengubah tampilan browser, menambah desktop shorcut dan juga menghapus bookmarks. Sebenarnya 13 aplikasi yang diindikasikan sebagai Android Counterclank itu telah dilaporkan ke google, tapi sayangnya mereka menolak untuk mencabutnya. Alasan mereka adalah karena aplikasi-aplikasi tersebut tidak menyalahi atau melanggar  kebijakan.

Banyaknya aplikasi yang mengandung kode Android Counterclank yang dinilai sebagai virus, mengharuskan sobat yang memiliki ponsel atau tablet Android untuk lebih berhati-hati dalam mendownload aplikasi.

Lebih jelas Symantec menerangkan  serangan begitu mudah masuk ke Android dikarenakan banyaknya aplikasi yang bisa didapat secara murah dan bahkan gratis. So.. mulai sekarang berhati-hati ya sobat!!!

Posted by Admin 1 Response
     

One Response to “Virus di Android Berasal dari Jaringan Iklan”

  1. Wah si robot ijo Android sadis juga sumber virusnya, makasih infonya…
    salam.

 

Leave a Reply to this Post

Feb
4