You are here:

Tips Memilih Ponsel Android

 

ponsel androidPonsel Android memiliki beragam pilihan baik itu lokal maupun Global, semuanya menawarkan kelebihannya masing-masing. Hal ini tentu saja akan membingungkan konsumen yang ingin membelinya. Apalagi kebanyakan ponsel Android yang beredar memiliki spesifikasi yang hampir sama.

Kebingungan konsumen bertambah karena ternyata banderol harga yang ditawarkan terpaut jauh, padahal dengan spesifikasi yang hampir sama. Nah, disinilah di tuntut kecerdasan kita dalam memilih ponsel android. Tapi jika ternyata Anda masih bingung, disini akan saya berikan tips bagaimana memilih Ponsel Android agar anda tidak salah pilih. Pasalnya jika salah menentukan maka uang Anda akan terbuang sia-sia.

1. Perhatikan Spesifikasi Hardware

Hardware sangat menentukan performa dari Ponsel Android,untuk itu anda harus benar-benar memperhatikan spesifikasi hardware yang ditawarkan oleh ponsel tersebut. Dan beberapa komponen yang perlu mendapatkan perhatian ketika anda membeli Smartphone Android adalah.

Processor

Hardware yang satu ini memegang peranan penting dalam mendukung kinerja dari Ponsel Android. Karena semakin tinggi dan cepat spesifikasinya maka akan semakin responsif dan tangguh kinerjanya. Pada umumnya ponsel Android saat ini telah menggunakan processor ARM dengan versi ARMv6 dan ARMv7.

Untuk processor ARMv6, biasanya digunakan oleh ponsel android entry level karena hanya support dengan beberapa fitur saja. processor ini biasanya digunakan oleh ponsel android merek lokal yang dibanderol dengan harga sangat miring. Sedangkan ARM7 memiliki kemampuan yang lebih handal karena beberapa aplikasi yang terkait dengan multimedia mengharuskan menggunakan Processor ini.

Beberapa Aplikasi yang mengharuskan menggunakan ARMv7 adalah flash player, Adobe Air dan browser firefox. Selain itu processor yang memiliki kecepatan 1Ghz keatas biasanya sudah menggunakan tipe ARMv7 ini. Jadi di jamin performa ponsel android anda akan lebih bagus jika menggunakan ARMv7.

GPU (Graphical Processing Unit)

Hardware yang satu ini juga gak kalah penting karena berfungsi untuk memproses tampilan ponsel. Biasanya ponsel yang sudah didukung GPU akan bisa menjalankan aplikasi maupun game yang berformat 3D. GPU yang banyak digunakan ponsel android adalah GPU Andreno 100, Andreno 200, Andreno 205, MALI 400, PowerVR dan Nvidia Tegra.

RAM (Random Access memory)

Semakin tinggi kapasitas RAM maka akan semakin bagus kinerja dari ponsel android. Karena pada dasarnya RAM berfungsi untuk memberikan kecepatan akses pada ponsel android. Ketika anda memilih ponsel Android ada baiknya memilih yang memiliki RAM minimal 256 MB. Jika anda memilih di bawahnya maka siap-siap saja anda akan dibuat kesal karena lemot dan tidak lancar saat menggunakan beragam fitur.

Layar

Layar tentu saja berperan penting karena semakin besar resolusi yang ditawarkan maka gambar akan tampil lebih halus. Misalnya resolusi yang ditawarkan adalah 320×480 pixel. Sebenarnya ada resolusi yang lebih bagus lagi yaitu HD (High Definition).  Jadi ketika anda membeli ponsel android perhatikan resolusi tersebut kalau sudah mendukung HD maka ponsel tersebut ditanggung lebih enak dipandang.

Sedangkan untuk ukuran layar, sekarang ini sudah banyak pilihan dan kebanyakan ponsel sekarang ini memiliki ukuran layar yang besar yang berkisar 3.2 inci dan 4.3 inci. Silahkan di pilih sesuai dengan kebutuhan anda.

2. Perhatikan versi OS Android-nya

Semakin tinggi OS android yang diusung maka semakin banyak fitur yang bisa dinikmati oleh para pengguna. Misalnya saja Wifi Tethering (Wifi Hotspot) yang berfungsi untuk membagi koneksi dengan perangkat lain hanya bisa dijalankan untuk Ponsel yang menggunakan OS android 2.2 Froyo ke atas. Untuk versi sebelumnya seperti Andr0id 2.1 tidak bisa menjalankan fitur ini.

Selain itu perhatikan kemampuan ponsel untuk mengupgrade versi dari OS Android. Karena tidak semua ponsel Android mampu untuk upgrade ke versi yang lebih atas. Jadi ketika anda ingin menikmati OS terbaru dari android kalau tidak mendukung maka harus membeli ponsel android lagi.

Untuk mengetahui apakah ponsel bisa di upgrade apa tidak, anda harus memperhatikan istilah tipe-tipe ponsel android. Dan ada dua jenis ponsel android yaitu GMS dan ODM. GMS (Google Mobile Service) yang artinya produk ponsel yang mendapat dukungan penuh dari layanan google termasuk kemampuan untuk upgrade OS android. Sedangkan untuk ODM/OHD (Open Handset Distribution) biasanya bersifat tertutup atau lock.  Sehingga tidak bisa di upgrade ke versi yang lebih baru.

3. Merek

Merek lokal (Cina) memang lebih murah dibandingkan dengan Merek global (branded) tapi dari sisi kualitas kebanyakan masih kalah. Tapi tidak dapat dipungkiri ada juga merek lokal yang berkualitas bagus tapi anda harus membelinya dengan harga yang mahal dan hampir sama dengan merek branded. Ini semua kembali pada anda bagaimana anda pintar-pintar memilih ponsel android. Sebagai acuan saja yang perlu diperhatikan ponsel yang bagus adalah yang memiliki : Pusat layanan, After sale service, nilai jual kembali, ketersediaan aksesoris pendukung dan juga garansi.

3 Tips di atas mudah-mudahan bisa membantu anda yang saat ini mencari Ponsel Android. Dan ketiganya memang harus benar-benar anda perhatikan jika ingin mendapatkan ponsel Android yang benar-benar terbaik dan cocok buat anda. Ok selamat berburu ponsel Android.

Via : Pulsa

Keyword dari Pencarian:

  • armv7 adalah (61)
  • prosesor armv7 (42)
  • hp android armv7 (33)
  • kelebihan armv7 (26)
  • arm7 adalah (26)
  • apa itu armv7 (7)
  • spesifikasi maxcom android cpu model armv7 processor rev 3 (7)
  • ARMv7 processor rev3 (v71) (2)
  • armv7 processor rev 3 (2)
  • kualitan prosesor ARMV7 (2)
  • apa itu armv7 processor (2)
  • hp android dengan prosesor armv7 (1)
  • hp dengan ARMv7 (1)
  • perbedaan cpu arm7 rev 2 dN rev 3 (1)
  • perbedaan armv6 dan arm v7 (1)
  • maksud armv7 processor rev 3 (v7l) (1)
  • cpu armv7 rev3 (1)
  • arm 7 rev 2 dan arm 7 rev 3 (1)
  • arm v7 rev 5 (1)
  • armv7 adalah processor android (1)
  • armv7 processor rev 1 (1)
  • ARMv7 Processor rev 2 (1)
  • Armv7 processor rev 3 bagus (1)
  • armv7 rev3 (1)
  • bagus atau tidak cpu armv7 processor rev1 (1)
Posted by Admin 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Aug
5