You are here:

Hati-Hati Aplikasi Palsu Ini Curi SMS Pengguna Android

 

Apakah sobat pengguna Android? Anda harus hati-hati karena saat ini ada aplikasi palsu yang bisa mencuri SMS atau pesan masuk. Aplikasi ini sudah menjebak pengguna android di Jepang dan Korea. Aplikasi Palsu ini bernama Vertu.

ilustrasi virus android

Seperti di lansir dari Softpedia, Aplikasi palsu ini menyembunyikan bagian dari malware yang bernama Smssilence C. Menurut Irfan Asrar dari McAfee, malware tersebut dapat melakukan beberapa tugas berbahaya termasuk juga menyadap pesan SMS dan informasi lain, serta memasang software mata-mata di perangkat pengguna yang telah terinfeksi.

Ketika aplikasi Vertu tersebut telah terpasang, Trojan akan mendaftarkan nomor smartphone pengguna dengan server eksternal dan kemudian menempatkan sebuah filter internet untuk memastikan semua pesan masuk berhasil dicuri oleh aplikasi itu. Ketika aksi pencurian tersebut berlangsung pengguna akan melihat layar yang sedang loading, tapi kemudian pada akhirnya akan muncul pesan error yang memberitahu pada pengguna bahwa layanan aplikasi itu tidak tersedia.

Walaupun Smssilence.C ini dianggap tidak terlalu canggih, tapi pada kenyataannya berhasil menginfeksi sekitar 50 ribu hingga 60 ribu perangkat. Sebenarnya tak hanya Aplikasi vertu ini saja yang menjadi ancaman bagi pengguna perangkat Android. Setidaknya ada sekitar 20 aplikasi palsu yang berbahaya yang diunggah ke Google Play.

Posted by Admin 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Apr
15