You are here:

Ilmuwan Membuat Pasukan Robot Terbang Untuk Misi Penyelamatan

 

Kini Memang jamannya Robot, terbukti inovasi dibidang robot tak hentinya-hentinya muncul dengan berbagai ragam. Dan kini yang terbaru adalah ilmuwan mengembangkan segerombolan Robot yang bisa terbang dan dibuat untuk misi penyelamatan.

Robot penyelamat

Robot ini bergerak dengan mangandalkan baling-baling dan mereka terbang secara berkelompok di udara seperti kawanan lebah. Walaupun terlihat ngeri, tapi robot ini akan sangat berguna sekali untuk misi penyelamatan dan juga untuk bidang industri. Robot ini dikembangkan oleh seseorang bernama Jan Carlo Barca yang merupakan salah satu anggota Monash Swarm Robotics Laboratory di Melbourne.

Segerombolan robot yang dikembangkan Jan Carlo ini berjumlah 8 unit dan semuanya nanti dapat berkoordinasi antara satu dengan yang lain sebagai tim penyelamat atau tim pencari.

Tujuan utama dari pengembangan robot ini ialah untuk pencarian sumber daya alam, eksplorasi serta pemetaan lingkungan. Kemampuan melayang di udara yang dimiliki robot ini bisa dimanfaatkan untuk patroli perbatasan, pengawasan dan juga pekerjaan konstruksi.

Selain itu ide yang diusung Jan carlo Barca ini adalah mengembangkan alat yang akan memungkinkan pasukan robot bergerak di tanah dan di udara. Robot ini juga bisa berkomunikasi antara satu dengan yang lain melalui pengawasan satu orang dilokasi tertentu.

 

Posted by Admin 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Apr
2