You are here:

Cara Alami Mengatasi Rasa Mual Pada Ibu Hamil

 

Ibu hamil sering kali merasa mual saat trimester awal kehamilan, dan ini hampir semua mengalaminya. Sebenarnya rasa mual diawal kehamilan bisa diatasi dan  bahkan dengan cara alami tanpa harus mengonsumsi obat-obatan tertentu.

ibu hamil

Penyebab Mual Pada Ibu hamil

Mual saat trimester awal kehamilan disebabkan karena adanya peningkatan hormon estrogen dan progesteron sehingga mempengaruhi fungsi neuron dan juga fungsi alat tubuh lainnya. Mual ini menurut Dr.Marjorie Greenfield seperti dikutip dari situs parents.com dialami oleh 70 persen ibu hamil di awal kehamilannya dan sekitar 50 persen mengalami muntah.

Mual pada ibu hamil memang sangat umum, tetapi gejala antar individu berbeda-beda dan beragam. Pada kasus tertentu ibu hamil bisa mengalami mual sepanjang hari. Ada juga di pagi hari saja dan ada pula yang hanya malam hari. Lalu bagaimana cara mengatasi rasa mual pada ibu hamil? Silahkan disimak di bawah ini.

Cara Mengatasi Mual pada ibu hamil

1. Jangan Makan dan Minum Terlalu Banyak

Ketika  Anda hamil disarankan untuk tidak makan makanan besar dalam waktu yang berdekatan. Karena hal ini bisa menyebabkan rasa begah yang dapat menimbulkan rasa mual. Sebaiknya untuk ibu hamil makan dengan jumlah yang sedikit tetapi terjadwal sehingga pencernaan bisa menerimanya. Anda juga harus memilih makanan dengan nutrisi yang baik yang dibutuhkan untuk memperkuat janin Anda.

Seperti halnya makan, bagi ibu hamil sebaiknya jangan minum air putih terlalu banyak dalam satu kesempatan. Kenapa? karena hal ini membuat perut terasa kembung yang justru bisa memperparah rasa mual anda. Sebaiknya anda minum secara perlahan dengan jeda waktu.

2. Minum Teh Jahe

Teh jahe merupakan salah satu minuman yang dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengatasi mual. Karena teh ini bisa membuat perut terasa lebih hangat sehingga rasa mual bisa diredakan. Jahe sendiri menurut pengobatan Cina merupakan jenis obat-obatan panas sehingga jahe hanya bisa berfungsi meredakan mual ketika suhu tubuh terasa dingin. Sebagai pengganti teh jahe anda juga bisa mengonsumsi permen jahe agar rasa mual anda bisa diatasi.

3. Jangan Bergerak Secara Tiba-Tiba

Gerakan yang ibu hamil lakukan secara tiba-tiba dapat menimbulkan rasa mual. Karena itu, ketika anda bangun tidur sebaiknya beberapa menit duduk dan bangun secara perlahan untuk menghindari rasa pusing. Beberapa ibu hamil untuk mengatasi mual yang berlebih ketika bangun pagi adalah dengan mengonsumsi beberapa biskuit sebelum beranjak dari tempat tidur. Tapi jika memang anda tidak terbiasa makan langsung setelah bangun tidur cara terbaik adalah dengan memberikan jeda istirahat terlebih dahulu.

4. Berjalan Kaki

Berjalan kaki juga bisa mengurangi rasa mual ketika di trimester awal kehamilan. Untuk itu sebaiknya Anda rutin berjalan kaki  dan jangan malas karena selain mengurangi rasa mual juga penting untuk memperlancar peredaran darah didalam tubuh Anda.

5. Hindarilah Makanan Pedas dan Berlemak

Ketika masa kehamilan Anda harus pintar-pintar memilih makanan yang anda konsumsi. Jangan sampai anda memilih makanan yang justru dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan. Salah satunya adalah makanan pedas dan berlemak yang dapat mengganggu pencernaan dan juga memicu rasa mual.

Posted by Admin 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Oct
13