You are here:

Mengenali Gejala-Gejala Yang Timbul Akibat Penyakit Alergi

 

Saat anda merasakan gatal yang tidak seperti biasanya, maka anda harus mengenal lebih jauh dan detail kenapa hal itu bisa terjadi dan mengetahui apa yang menyebabkan hal demikian. Bisa saja anda memiliki kulit yang sensitif, sehingga anda mudah terkena penyakit gatal yang disebabkan alergi. Sebelum anda putuskan untuk meminum obat alergi, alangkah baiknya anda mengenali gejala-gejala yang timbul akibat penyakit alergi.

Gejala Alergi

Seperti yang kita ketahui, alergi pada umumnya disebabkan oleh beberapa faktor seperti makanan, bahan kimia, serbuk bunga atau jenis tanaman, debu, bulu binatang, obat-obatan dan sebagainya. Biasanya hal tersebut akan timbul beberapa gejala atau tanda yang diakibatkan oleh penyakit alergi, diantaranya:

  • Alergi pada hidung

Gejala ini muncul tidaklah jauh berbeda dengan gejala flu. Misalnya gejala yang sering dirasakan diantaranya hidung tersumbat, bersin-bersin, serta hidung yang terus mengeluarkan air atau lendir. Yang membedakannya adalah lama atau tidaknya masa terkena penyakitnya. Biasanya durasi yang dialami pada gejala flu berkisar antara 7 sampai dengan 10 hari. Sedangkan gejala alergi bisa  lebih lama sampai pengobatan masih berlangsung. Kemudian gatal yang dirasakan antara gejala flu sama alergi sangatlah berbeda intensitasnya. Dalam hal ini gejala alergi akan lebih sering merasakan gatal ketimbang yang diakibatkan oleh gejala flu.

  • Alergi pada makanan

Alergi makanan yaitu alergi yang disebabkan oleh produksi protein yang tinggi seperti produk susu, misalnya keju dan yoghurt. Gejala yang timbul diakibatkan oleh makanan ini antara lain, sakit perut dan diare. Biasanya gejala ini akan muncul dalam beberapa waktu setelah mengkonsumsi makanan. Ketika makanan sudah masuk ke pencernaan dan tak berhasil dicerna dengan baik, maka zat alergen akan masuk ke aliran darah sehingga sampai ke kulit dan menimbulkan rasa gatal.

  • Alergi pada antibiotik

Bahan dari obat antibiotik ini baik sebagaian ataupun seluruhnya terbuat dari bakteri dan jamur. Fungsi dari antibiotik ini hanya berfungsi mengurangi infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Gejala alergi ini terjadi karena disebabkan tubuh mengalami reaksi yang tidak diinginkan terhadap antibiotik.

Itulah beberapa ulasan tentang gejala-gejala yang timbul akibat penyakit alergi. Tinggal bagaimana anda menyesuaikan obat alergi kulit apa yang cocok sesuai dengan kondisi tubuh anda. Dalam hal ini perlu adanya konsultasi ke dokter supaya bisa ditangani lebih lanjut.

Posted by Admin 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Jul
25