You are here:

Tips Menjaga Genset agar Tahan Lama dan Kuat

 

Siapa yang tidak ingin memiliki barang yang kuat dan tahan lama. Apalagi barang terasebut memiliki harga yang cukup mahal, contohnya barang elektronik dan perangkat lainnya seperti generator set atau sering dikenal dengan genset. Untuk membuat genset menjadi lebih tahan lama dan kuat adalah dengan rutin melakukan perawatan genset.

Perawatan genset bisa dilakukan dengan berbagai cara. Berikut adalah langkah-langkah perawaran genset agar tahan lama dan kuat.

1. Simpan di tempat kering bersuhu udara normal
Generator set atau genset merupakan alat pembangkit listrik maka penyimpanan atau peletakannya harus ditempat yang tepat. Genset harus disimpan ditempat yang kering dan tidak terlalu panas. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kebakaran genset. Kita ketahui bahan bakar genset sepperti bensin, solar dan gas merupakan bahan yang mudah terbakar. Dengan menyimpan genset pada tempat yang benar juga bisa membuat genset tidak mudah rusak.

2. Nyalakan secara berkala
Selain penyimpanan genset, anda juga perlu mengoperasikannya. Meskipun genset ini jarang digunakan, ada baiknya minimal seminggu sekali anda nyalakan genset dalam kisaran waktu 5 hingga 10 menit agar mesin genset tidak rusak karena jarang digunakan.

3. Bersihkan genset
Tidak hanya dinyalakan atau dipanaskan saja, genset juga haruslah rutin dibersihkan. Debu, minyak dan kotoran harus segera dibersihkan. Tidak hanya terlihat bersih, genset yang rutin dibersihkan juga akan lebih tahan lama.

4. Periksa spare part dan segera ganti bila ada yang sudah rusak
Memeriksa spare part juga merupakan bagian dari perawatan genset yang perlu diperhatikan. Jangan sampai ketika seluruh spare part rusak dan genset sudah tidak bisa digunakan, anda baru sadar.

5. Kungjungi service genset
Jika anda tidak tahu cara perawatannya, anda bisa mengunjungi jasa service genset 24 jam apalagi sekarang ini sudahh banyak jasa yang menawarkan service genset.

6. Pemanasan
Setelah semuanya sudah dalam keadaan on, layaknya mobil dan motor yang setelah dinyalakan harus di tunggu 5 hingga 10 menit untuk dipanaskan.

Posted by Admin 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Oct
10