You are here:

Kenali 7 Tempat Wisata di Tegal Ini

 

Kota ini sangat dikenal di seluruh Jabodetabek karena hampir di setiap suduk ibukota terdapat Warung Tegal. Warung Tegal adalah warung nasi yang menjajakan lauk pauk dengan harga yang sanga terjangkau.

Tak bisa dipungkiri bahwa para pekerja di Jakarta termasuk karyawan kantoran amat bergantung pada keberadaan warung Tegal di ibukota. Selain murah makanannya pun sangat variatif dan beragam.

Lalu, apakah kamu sudah mengenal beberapa tempat wisata menarik di Kota Tegal? Sekarang kamu bisa booking tiket hotel dengan mudah lewat handphone kamu sekalipun. Nah, kira-kira tempat wisata apa ya yang perlu kamu ketahui di Tegal ini?

1 . Curug Cantel

Kota Tegal memang menarik karena siapa yang menyangka jika kota yang logat bahasanya terdengar lucu dan kadang membuat orang terpingkal mendengarnya punya air terjun indah dengan ketinggian sekitar 60 meter.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Curug Cantel ini adalah menjelang siang dan sebelum sore hari. Namun, perlu diingat bahwa tempat wisata ini bukan tempat wisata yang mudah untuk dijangkau karena jalan menuju curug ini cukup terjal dan harus mendaki. Tidak disarankan untuk tempat wisata keluarga.

Tipsnya jika ingin mengunjungi air terjun, gunakan sandal gunung yang tahan air sehingga kamu akan tetap bisa berjalan menyusuri jalanan becek tanpa khawatir licin atau kaki menjadi lembab karena sepatu yang basah.

  1. Kebun Teh Tegal

Benar, kawasan kebun teh yang paling terkenal di Indonesia selain puncak ada Ciwidey di Bandung. Namun, jangan salah jika kota Tegal pun punya kawasan kebun teh yang memiliki udara menyegarkan.

Sebagai informasi, Tegal merupakan salah satu kota produsen teh terbesar di tanah air. Tak heran jika kawasan perkebunan teh ini pun menjadi salah satu tempat wisata favorit warga Tegal untuk menghabiskan waktu akhir pekan bersama dengan keluarga.

Kebun Teh Bumijaya Tegal kerap dikunjungi oleh pelajar dan mahasiswa yang ingin menyaksikan sendiri proses pemetikan teh hingga produksi dan dipasarkan ke masyarakat. Menjadi sebuah tempat wisata pendidikan yang menarik, bukan?

  1. Waduk Cacaban

Jika kota Purwakarta di Jawa Barat memiliki salah satu wadur terbesar di Indonesia, Kota Tegal memiliki Waduk Cacaban yang merupakan peninggalan zaman Belanda. Waduk Cacaban bukan hanya sebagai sumber irigasi bagi pertanian namun kini juga sebagai tempat wisata yang menarik bagi warga.

Seperti layaknya wahana yang bisa dinikmati di tempat wisata seperti ini adalah faslitas naik perahu untuk keliling Waduk. Satu perahu bisa memuat hingga delapan orang penumpang. Jangan lupa untuk membawa kamera karena kamu juga bisa menikmati keindahan Gunung Semar yang cocok untuk dijadikan background wallpaper di handphone kamu.

  1. Pantai Alam Indah Tegal

Karakter pantai utara terkenal tenang dengan ombak yang tidak terlalu besar. Itulah mengapa salah satu pantai di pesisir kota Tegal ini menjadi salah satu primadona tempat wisata keluarga saat berakhir pekan bersama.

Pantai Alam Indah Tegal memang menawarkan pesonanya yang indah. Waktu terbaik untuk melihat matahari terbenam di pantai ini adalah sekitar pukul 17.00 WIB. Pastikan mencari tempat terbaik untuk membidik senja yang indah dan menawan. Selain bisa berenang wisatawan juga bisa berwisata kuliner dengan aneka hidangan laut yang nikmat.

  1. Taman Wisata Air Panas Guci

Jika di Jawa Barat warga biasanya berandam air panas di kawasan Ciater Subang dan Cipanas Garut, warga Jawa Tengah punya tempat wisata air panas Guci. Kawasan ini juga terkenal dengan lokasi tempat wisatakebun teh atau argowisatanya.

Wisata Air Panas Guci juga merupakan tempat terapi berbagai macam penyakit seperti penyakit kulit hingga pegal-pegal dan nyeri sendi. Tak heran jika bukan hanya anak muda saja yang mendatangi tempat wisata pemandian air panas ini, kaum tua pun memanfaatkannya sebagai sarana terapi kesehatan.

Sumber air panas Guci berasal dari kaki Gunung Slamet. Sejak didirikan warga sudah berinisiatif memangun kolam dengan menyediakan beberapa pancuran. Harga tiket masuk pemandian air panas Guci sangat terjangkau sehingga tak heran menjadi tempat wisata favorit saat musim libur lebaran.

Salah satu triknya jika tidak ingin terlalu ramai, kamu bisa mencari hotel murah di Reservasi.com yang paling dekat dengan tempat wisata pemandian air panas Guci ini.

  1. Curug Pitu Margasari

Jika ingin sedikit menantang adrenalin saatnya beranjak ke Curug Pitu Margasari. Air terjun ini termasuk cukup menantang karena aksenya tidak mudah untuk dicapai oleh wisatwan biasa. Umumnya tempat wisata ini hanya didatangi oleh anak muda para pecinta alam.

Selain masih alami, Curug Pitu Margasari juga menjadi salah satu tempat wisata instagrammable di Tegal. Kapan lagi bisa bermandi hujan dari kucuran air terjun yang airnya sangat menyegarkan.

  1. Bukit Gowa Lawa

Salah satu tempat yang tengah hits dikalangan para instagrammer adalah Bukit Gowa Lawa. Dari puncak ketinggian inilah mereka dapat mengabadikan gambar super keren yang bakal mendapatkan lebih banyak likes di Instagram.

Meskipun begitu, tidak mudah lho untuk mendaki hingga ke puncak ketinggian. Butuh stamina dan kekuatan mental. Satu syarat lagi adalah jangan sampai phobia ketinggian karena lokasi ini memang berada di dataran tinggi.

Posted by Admin 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Dec
22