You are here:

Kuliner Khas Jogja Yang Sudah Dikenal Banyak Orang

 

Ada banyak hal yang bisa ditemukan di wilayah Indonesia, mulai dari tempat wisatanya yang beragam, bahasanya yang bermacam-macam, upacara adatnya yang menarik, kulinernya yang lezat, dan berbagai hal lainnya. Bagi Anda yang berada di luar kota, segera cek jadwal penerbangan dan harga tiket pesawat untuk berkunjung ke Yogyakarta dan merasakan beragam hal unik yang ada di sana termasuk kulinernya yang sudah terkenal di seluruh Indonesia seperti:

 Gudeg

Kuliner khas jogja yang pertama adalah gudeg. Ya, hampir semua orang tau bahwa makanan yang satu ini adalah kuliner khas berasal dari kota jogja. Kuliner ini terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan gula merah dalam waktu lama sehingga memiliki cita rasa yang nikmat perpaduan antara gurih dan manis.

Bagi masyarakat lokal maupun pengunjung yang datang ke Jogja, gudeg pasti menjadi pilihan sebagai menu makan. Gudeg biasa disajikan dengan lauk pendamping seperti sambel krecek, telur pindang, ayam dan disiram dengan kuah gurih yang terbuat dari santan kelapa. Hampir semua tempat makan di Jogja, mulai dari warung pinggir jalan sampai restoran-restoran ternama memasukkan gudeg sebagai menu andalan mereka.

Banyak peminat kuliner ini, tak jarang banyak yang menjadikannya sebagai oleh-oleh utamanya gudeg kering karena lebih awet dan tahan lama di bawa perjalanan jauh. Cari hotel termurah di Jogja agar kelebihan budget dapat digunakan untuk membeli beragam oleh-oleh khas Jogja.

 Nasi kucing

Walaupun namanya nasi kucing, bukan beranti makanan ini berbahan dasar daging kucing ya? Nasi kucing adalah sebutan orang Jogja untuk nasi yang di jual di angkringan-angkringan pinggir jalan. Nama nasi kucing sendiri berasal dari bungkusa nasinya yang kecil yang mirip kepala kucing. Nasi kucing biasanya dibungkus dengan tambahan orek tempe, teri maupun rebon sesuai keinginan.

Untuk mneyantap kuliner ini biasanya ditemani dengan aneka sate seperti sate ceker, kepala, usus, telur puyuh dan masih banyak lagi. Ada juga tempe bacem dan tahu bacem yang juga bisa menjadi pilihan. Nasi kucing paling nikmat disantap dengan ditemani wedang ronde ataupun kopi jos yang memang sudah terkenal di Jogja.

 Bakpia

Yuk cek jadwal penerbangan dan harga tiket pesawat untuk menikmati kuliner khas Jogja selanjutnya, namanya Bakpia. Jika ingin berkunjung ke Jogja, pastikan untuk memasukan bakpian ke dalam list kuliner yang harus dicicipi saat berada di kota ini. Bakpia merupakan salah satu jajanan atau kue khas Jogja yang terbuat dari adonan tipis yang diisi dengan kacang hijau yang kemudian di panggang sampai matang.

Semakin terkenalnya makanan ini, bakpia pun berkembang dengan berbagai varian rasa seperti rasa durian, coklat, keju, dan masih banyak lagi. Walaupun begitu, yang menjadi primadona tetap yang rasa kacang hijau karena memiliki cita rasa yang khas. Di Jogja sendiri, banyak sekali merk bakpia yang dijajakan di toko-toko oleh-oleh. Akan tetapi yang paling terkenal adalah bakpia Pathok karena sudah melegenda dan termasyhur keenakannya.

 Oseng-oseng mercon

Satu lagi makanan yang paling di buru baik oleh masyarakat Jogja maupun wisatawan adalah oseng-oseng mercon. Seperti namanya, kuliner ini memang memiliki rasa yang pedas yang diibaratkan seperti mercon atau petasan saat masuk ke dalam mulut.

Saat mencari hotel termurah di Jogja jangan lupa juga untuk mencari salah satu kuliner lezat wilayah ini, namanya Oseng-oseng mercon. Oseng-oseng mercon dibuat dari daging ayam atau kambing yang di potong kecil-kecil kemudian dimasak dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai, garam gula dan kecap manis. Yang istimewa dari masakan ini adalah jumlah cabai yang digunakan jumlahya sangat banyak sehingga menciptakan cita rasa pedas yang luar biasa saat menyentapnya.

Walaupun memiliki rasa yang super pedas, masakan ini memiliki penggemar yang sangat banyak terutama anak muda. oseng-oseng mercon biasanya dijual di angkringan-angkringan pinggir jalan yang hanya jual pada malam hari saja.

Saking terkenalnya, saat ini sudah banyak dijual oseng-oseng mercon dalam bentuk kaleng sehingga mudah dibawa kemana saja dan pastinya bisa dijadikan oleh-oleh. Apabila sedang berkunjung ke Jogja, maka jangan lupa untuk mencicipi kuliner yang satu ini.

 Sate klatak

sate klatak

Satu lagi kuliner Jogja yang terkenal adalah sate klatak. Sate ini hampir mirip seperti sate biasanya yang terbuat dari daging kambing yang ditusuk kemudian di bakar di atas bara. Yang membedakan adalah bila sate biasanya di tusuk dengan lidi atau bamboo, sate klatak ditusuk dengan jeruji sepeda sehingga menciptakan suara “klatak”jika diletakkan di atas piring.

Satu lagi yang membuat sate ini beda dengan  sate lainnya adalah terletak pada olesan bumbu saat membakarnya. Sate klatak dibakar dengan hanya tambahan bumbu garam dan sedikit merica. Berbeda dengan sate pada umumnya yang dibakar dengan dioleh kecap terlebih dahulu.

Sate klatak biasa disajikan dengan kuah gulai dan biasa dinikmati dengan nasi panas. Satu porsi sate klatak biasanya dijual dengan harga sekitar Rp 25.000. satu porsi sate klatak, biasanya hanya berisi dua tusuk sate dengan ukuran potongan daging yang cukup besar.

Ada banyak jadwal penerbangan dan harga tiket pesawat yang bisa dipilih jika ingin berlibur ke wilayah Jogja dan menikmati beragam hal yang ada disana, mulai dari kuliner khasnya, wisatanya, oleh-olehnya, dan lainnya. Selain Jogja tentunya masih ada banyak kota lainnya di Indonesia yang tidak kalah menarik dan memiliki banyak hal yang bisa ditemukan.

Posted by Admin 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Mar
20