You are here:

3 Jenis Metode Operasi Kanker

 

Prinsip penyembuhan kanker payudara adalah semakin dini stadium saat sel kanker ditemukan maka akan semakin besar kemungkinan keberhasilan pengobatan. Karena salah satu jenis penyakit yang mematikan bagi wanita adalah kanker payudara. Terapi pilihan dalam penanganan yang  pertama pada kanker payudara adalah operasi. Sebab dengan melakukannya akan mengeliminasi akar kanker yang berpotensi menyebarkan sel kanker ke payudara.

kanker payudara

Slogan guesehat kata-kata yang pasti jadi dambaan dan keinginan seluruh wanita di dunia ini. Tetapi tidak sedikit wanita yang takut menjalani proses operasi tersebut karena kebanyakan menganggap setelah operasi maka akan kehilangan payudaranya dan akibat yang fatal lainnya.

Beberapa Operasi Kanker Payudara

  1. Masektomic

Yaitu suatu operasi pengangkatan seluruh jaringan payudara dan biasanya disertai pengangkatan kelenjar getah bening di ketiak dan sekitarnya. Mengapa kelenjar getah bening yang berada di ketiak juga perlu diangkat? Sebab  getah bening yang ada di ketiak adalah tempat penyebaran awal kanker payudara tersebut.

  1. Breast Conserving Surgery (BCS)

Tindakan operasi ini bertujuan untuk mengangkat sel kanker saja, dengan syarat batas sayatan yang telah ditinggalkan bebas kanker. Tindakan tersebut  wajib disertai dengan terapi radiasi yang memiliki tujuan untuk memastikan sel kanker betul-betul mati. Dalam operasi ini payudara masih dipertahankan karena yang diangkat hanyalah jaringan yang rusak saja dan menjadi pusat penyebaran sel kanker tersebut.

  1. Onkoplasti

Onkoplasti adalah sebuah metode operasi yang paling diminati saat ini karena operasi ini merupakan usaha rekonstruksi payudara yang tidak seperti sebelumnya. Bedah onkoplasti bertujuan mengisi rongga yang telah ditinggalkan dan membentuk payudara dengan memasukkan silikon ke dalam payudara. Penggunaan silikon padat untuk payudara tersebut dipastikan aman dan tidak berpotensi memperluas penyebaran sel kanker di payudara. Jika zaman dahulu memang dikenal berbahaya sebab silikon yang dipakai adalah silikon cair. Sedangkan sekarang ini, silikon yang dipergunakan berbentuk padat.

Itulah beberapa penjelasan dari artikel ini mengenai  operasi kanker payudara. Semoga bisa dijadikan pengetahuan tambahan bagi kalian dan bisa bermanfaat untuk kedepannya.

Posted by Admin 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Nov
26