You are here:

6 Hal Sepele yang Bisa Merusak Genset

 

Genset merupakan salah satu sumber listrik yang dijadikan andalan ketika sumber listrik utama bermasalah. Cara pengoperasian yang mudah dan daya listrik yang bisa disesuaikan menjadikannya pilihan. Namun tahukah kamu 6 hal sepele berikut ini akan membuat genset atau rental genset kamu menjadi cepat rusak.

  1. Kondisi Aki Lemah

Putana pertama genset dipicu oleh tenaga aki ketika mengoperasikannya. Aki yang melemah akan membuat genset sulit untuk dinyalakan. Hal tersebut akan mengakibatkan busi gagal melakukan pembakaran komponen mesin pada genset.

Aki pada genset sama seperti aki pada kendaraan bermotor yang kamu miliki. Aki wajib diperiksa dan diganti secara teratur. Hal ini dimaksudkan agar kondisi aki tetapu prima saat kamu akan menggunakan genset.

2. Genset Jarang Dipanaskan

Proses pemanasan sangat penting untuk menjaga kualitas aki. Walaupun genset hanya digunakan sebagai sumber energi alternatif, kamu harus menjaga aki agar selalu dialiri alternator. Kamu harus melakukan pemanasan minimal seminggu seklai agar genset tak mudah rusak.

3. Penggunaan Genset secara Berlebihan

Kamu perlu mencari tahu mengenai waktu operasional genset yang akan kamu beli. Perlu diketahui juga untuk tidak menggunakan genset melebihi batas waktu tertentu. Penggunaan genset secara berlebihan akan mempercepat kerusakan komponen yang ada di dalamnya. Gunakan genset sesuai kemampuan waktu penggunaan.

4. Menggunakan Genset Saat Bahan Bakar Habis

Ketika genset dioperasionalkan dengan bahan bakar yang habis total akan mengakibatkan komponen dalam genset menjadi cepat aus. Akan lebih baik jika Anda selalu menyiapkan cedangan bahan bakar untuk genset. Kemudian hentikan pemakaian genset dan isilah bahan bakar dalam jumlah yang cukup.

5. Komponen Pembakaran yang Tersumbat

Ketika ada masalah genset yang tiba-tiba mati biasanya dikarenakan tersumbatnya lubang ventilasi bahan bakar atau katup pompa pengisi bahan bakar. Kamu perlu untuk membersihkan terlebih dahulu bagian-bagian genset yang tersumbat. Setelah itu genset yang kamu gunakan akan bisa berfungsi kembali.

6. Penempatan Genset di Sembarang Tempat

Sinar matahari langsung dan air hujan akan memperbesar risiko kerusakan genset. Genset akan cepat berkarat dan komponen yang dimiliki genser akan lebih cepat rapuh dan kehilangan fungsinya. Jadi, sebaiknya kamu menempatkan genset di tempat yang teduh dan kering. Demikian tadi 6 hal sepele yang akan mengakibatkan genset cepat rusak yang bisa kamu hindari sebagai salah satu bentuk perawatan genset yang kamu miliki. Informasi ini akan membuat kamu semakin cermat ketika menggunakan genset.

Posted by Admin 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Mar
22