You are here:

TIPS MEMILIH GENSET

 

Beberapa wilayah di Indonesia sering menjadi langganan pemadam listrik bergilir. Hal ini tentunya mengharuskan penggunaan mesin pembangkit listrik kecil. Mesin pembangkit listrik ini sering disebut sebagai generator set atau disingkat sebagai genset. Prinsip kerja mesin genset ini pada umumnya adalah mengubah energi kinetik menjadi energi listrik.

Sebelum membeli mesin cadangan listrik, kita harus memperhatikan beberapa hal. Di artikel ini akan dibahas beberapa tips memilih genset. Tips memilih genset sebenarnya sudah pernah dibahas tetapi genset untuk disewa, melalui artikel ini, kita akan membahas genset untuk dibeli.

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli genset antara lain :

1.Daya Genset

Hitung kebutuhan daya dan kapasitas genset. Umumnya daya efektif 70% – 80% dari daya yang tercatat. Setelah itu, dibandingkan dengan kebutuhan daya yang dibutuhkan oleh rumah anda. Cara paling gampang dengan melihat kapasitas Ampere meter yang ada di KwH meter PLN di rumah anda.

2. Garansi

Garansi merupakan hal yang penting saat membeli genset. Semakin lama garansi yang diberikan dapat menjadi indikator bagus atau tidaknya mesin yang ditawarkan. Secara logika semakin lama garansi yang diberikan, berarti semakin yakin si supplier akan produk mereka.

3.Jenis genset

Genset secara umum dibagi dua, seperti dibahas di artikel lain, genset dibagi silent type dan open type. Selain dari itu, dari segi bahan bakar, dapat dibagi menggunakan bahan bakar bensin, solar dan gas. Pelajari keunggulan masing masing genset berdasarkan jenis dan bahan bakar. Misal, untuk area yang membutuhkan ketenangan dan membutuhkan daya yang besar, genset solar dengan silent type merupakan pilihan yang lazim. Sedangkan untuk kapasitas kecil, genset bensin dengan open type mungkin cukup.

4.Sparepart dan suku cadang

Sebaiknya memastikan suku cadang tersedia. Suku cadang yang susah didapatkan akan mengakibatkan mesin genset kita tidak akan dapat difungsikan sama sekali. Hal ini akan mengakibatkan frustasi jika diperlukan disaat saat sangat diperlukan.

5. Harga

Harga mungkin relatif, tetapi harga yang jauh dibawah pasaran atau dibawah standard dapat menjadi indikator bagi pemilihan unit. Harga sebenarnya sangat beragam tergantung merek yang ditawarkan.

Walaupun demikian, selain pemilihan saat belanja genset, cara maintenance juga merupakan hal yang krusial. Sebaiknya mendapatkan informasi yang lengkap terkait maintenance karena genset membutuhkan perhatian di bidang maintenance. Semoga tips singkat membeli genset baru ini dapat menjadi masukan bagi para calon pembeli dalam memilih genset. Salah satu platform marketplace online yang menyediakan fasilitas pencarian ratusan supplier genset di indonesia adalah Indotrading.com . Genset yang ditawarkan bermacam ragam. Karena indotrading adalah portal B2B, anda dapat menemukan genset industri selain genset residensial.

Posted by Admin 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Apr
12