You are here:

Jadwal Haid Kacau? Ini 5 Penyebab yang Mungkin Terjadi

 

Umumnya haid yang normal akan berlangsung secara teratur setiap bulannya. Meski bisa jatuh di tanggal yang berbeda, namun tak akan pernah terlewatkan setiap bulan. Bahkan juga bisa sebaliknya, Anda bisa mengalami dalam satu bulan atau dua bulan sekali dan baru mandapatkannya di bulan berikutnya. Lantas apa sih penyebab haid tidak teratur?

  1. Stres

Sedang dilanda stres ternyata dapat menjadi pemicu haid tidak teratur. Sebab dalam keadaan stres kadar hormon kortisol dalam tubuh akan meningkat yang secara tidak langsung akan ikut mempengaruhi hormon reproduksi yang mengatur siklus haid. Jika hal ini terjadi maka pelepasan sel telur menjadi tidak normal sehingga Anda perlu cari cara melancarkan haid.

2. Penggunaan Alat Kontrasepsi

Ternyata alat kontrasepsi dalam bentuk apapun juga ikut menjadi penyebab haid tidak teratur. Jadi sebelum memutuskan untuk menggunakan alat kontrasepsi, pastikan cari tahu terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan dari alat kontrasepsi tersebut. Sebab sebagian besar alat kontrasepsi akan mengacaukan siklus menstruasi Anda.

3. Perubahan Berat Badan yang Drastis

Perubahan berat badan yang naik atau turun secara drastis ternyata juga ikut mempengaruhi siklus menstruasi. Sebab perubahan berat badan yang turun drastis akan menyulitkan tubuh untuk memproduksi hormon estrogen yang bermanfaat selama proses ovulasi. Sedangkan berat badan yang melonjak berakibat melonjaknya hormon estrogen yang mempengaruhi siklus haid.

4. Pre-Menopause

Sebelum Anda masuk ke masa menopause, maka Anda akan melewati masa transmisi terlebih dahulu yang biasanya dikenal dengan masa pre-menopause. Kondisi ini memang dapat terjadi di awal, namun sebagian besar wanita mengalaminya saat mulai memasuki usia 40 tahun. Masa pre-menopause biasanya akan terjadi selama kurang lebih 8 tahun.

5. Memiliki PCOS

Polycystic Ovary Syndrome merupakan gangguan reproduksi yang disebabkan karena hormon dalam tubuh tidak seimbang. Seorang wanita yang mengalami PCOS biasanya memiliki kadar hormon estrogen dan progesteron yang tidak seimbang, memiliki kista kecil di bagian ovarium, hingga kelebihan hormon endogen atau hormon seks pria. Pada dasarnya penyebab haid yang tidak teratur dapat disebabkan karena beberapa faktor. Salah satunya adalah beberapa hal di atas yang bisa membuat Anda mengalami menstruasi 2 kali dalam sebulan atau bahkan tidak mengalami haid sama sekali dalam beberapa bulan. Jika Anda mengalami telat datang bulan, pastikan segera cari cara melancarkan haid.

Posted by Admin 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Sep
13