You are here:

Gejala-Gejala Demam Berdarah pada Anak

 

Demam berdarah atau DBD merupakan penyakit yang ditimbulkan virus dengue melalui perantara nyamuk aedes aegypti betina. Penyakit ini dapat menyerang anak-anak hingga manusia dewasa. Untuk kasus pada anak, perlu diberikan perhatian yang serius karena pada usia tersebut anak masih rentan terhadap virus.Selain itu, obat demam berdarah anak secara khusus juga belum ada.

Untuk mengatasi hal tersebut, wajib hukumnya bagi para orang tua untuk mengetahui pencegahan dan berbagai gejala penyakit DBD. Dengan mengetahui dua hal tersebut, penyebaran virus dengue dapat dicegah dan diatasi dengan baik sehingga penderita DBD dapat sembuh dalam hitungan hari. Berikut ini merupakan beberapa gejala anak yang terkena penyakit DBD.

Gejala-Gejala Anak yang Terkena Demam Berdarah

1. Demam Tinggi

Gejala yang umum terjadi pada penderita DBD adalah mengalami demam tinggi. Biasanya demam dapat mencapai suhu hingga 41 derajat celsius. Selain itu, demam yang disebabkan oleh penyakit demam berdarah datang secara tiba-tiba. Penderita DBD akan mengalami demam tinggi ini selama dua hingga tujuh hari tergantung dari penanganan dan perawatan yang dilakukan kepada penderita.

2. Terjadi Pendarahan

Gejala berikutnya pada penderita DBD adalah mengalami pendarahan. Pendarahan biasanya terjadi pada gusi, air seni, mimisan, dan lain sebagainya. Hal tersebut disebabkan oleh kadar trombosit dalam tubuh yang mengalami penurunan pada saat terkena DBD. meningkatkan trombosit pada demam berdarah dapat dilakukan dengan mengonsumsi beberapa makanan seperti jambu biji dan daun pepaya.

3. Sakit Kepala

Gejala selanjutnya yang dialami oleh penderita demam berdarah adalah sakit kepala parah. Sakit kepala ini biasanya muncul beriringan dengan demam tinggi. Rasa sakit kepala ini dominan berada pada bagian sekitaran dahi. Selain itu, sakit kepala ini biasanya juga disertai dengan rasa sakit yang muncul pada bagian belakang kepala penderita demam berdarah.

4. Kelelahan

Gejala berikutnya yang dialami oleh penderita demam berdarah adalah mengalami kelelahan tubuh. Kelelahan tersebut merupakan akibat dari berbagai macam gejala yang telah muncul seperti pendarahan, sakit kepala, dan sebagainya. Hal tersebut membuat penderita mengalami penurunan nafsu makan dan pelemahan imun yang membuat tubuh mengalami kelelahan.

Posted by Admin 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Dec
26