You are here:

Mencegah dan mengatasi Kram Otot Ketika Olahraga

 

Apakah kamu suka berolahraga? jika iya, pastinya kamu pernah mengalami yang namanya kram otot. Rasanya begitu menyakitkan bukan? Lalu bagaimana hal ini bisa terjadi.

Nah, kram otot ini sendiri merupakan salah satu kondisi dimana otot mengalami kontraksi yang diluar kehendak yang cukup kuat dan berkelanjutan. Kram otot ini sering terlihat sebagai otot yang mengeras.

Kram otot bisa menimpa olahraga apapun termasuk olahraga tenis, makanya Kamu perlu mengetahui penyebab-penyebabnya.

Penyebab Kram otot Ketika berolahraga

Kram yang terjadi ketika berolahraga banyak disebabkan karena dehidrasi dan elektrolit tubuh yang tidak seimbang. Ketika kamu berolahraga maka akan kehilangan banyak cairan yang tidak digantikan sehingga terjadi dehidrasi dan kekurangan elektrolit yaitu kalsium, natrium dan juga magnesium.

Selain karena dehidrasi dan elektrolit tubuh yang tidak seimbang, kram otot bisa juga disebabkan karena penggunaan otot yang berlebihan atau melakukan posisi tertentu dengan waktu yang berlebihan. Kemudian penyebab kram lainnya bisa juga karena adanya saraf yang terjepit atau aliran darah ke otot yang berkurang.

Lalu bagaimana cara mencegah kram otot ketika kamu berolahraga?

  • Lakukan gerakan pemanasan dan peregangan sebelum ataupun sesudah berolaharaga. Alasannya, dengan melakukan peregangan akan membuat otot menjadi lebih fleksibel dan Kamu akan terhindar dari kram otot. dikutip dari Kompas menurut dr Michael Triangto seorang spesialis kedokteran olahraga pemanasan dan peregangan sebaiknya dilakukan dalam kapasitas ringan. Karena jika melakukannya berlebihan justru dapat menyebabkan cedera sendi. Lakukan pemanasan cukup 5-10 menit saja, itu sudah cukup.
  • Cukup cairan. Agar terhindar dari kram otot yang perlu kamu perhatikan adalah asupan cairan yang masuk dalam tubuh harus cukup. Setiap orang umumnya akan kehilangan 0.4 – 1.8 liter air per jamnya ketika berolahraga.
  • Pastikan kamu mengonsumsi minuman atau makanan yang banyak mengandung elektrolit sebelum ataupun sesudah berolahraga.
  • Ketika cuaca panas kamu harus menghindari aktivitas fisik dan olahraga yang berlebihan.

Cara Menangani Kram otot

Jika kamu mengalami kram otot berikut ini cara menanganinya :

  • Lakukan peregangan ringan dapat mengatasi kram otot caranya dengan menggerakkan kaki secara perlahan.
  • Memijat bagian otot yang menegang juga bisa membantu meredakan kram. Tapi yang perlu diperhatikan adalah jangan memijat kaki yang kram terlalu kencang karena bisa berpengaruh dengan kelancaran aliran darah.
  • Mengompres dengan air panas bisa membantu mengatasi kram. Tapi bagi Kamu yang memiliki penyakit diabetes atau cedera syarat tulang belakang tidak dianjurkan.

Nah, itu tadi beberapa cara mencegah dan mengatasi kram otot ketika berolahraga. Coba untuk mempraktekan cara di atas agar terhindar dari kram otot saat berolahraga.

Posted by Admin 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Dec
31