You are here:

Penyebab dan Cara Mengatasi Kerontokan Rambut

 

Apakah Anda pernah mengalami masalah kerontokan rambut? Biasanya rambut rontok diawali dengan gejala penipisan rambut dan ini bisa terjadi secara tiba-tiba ataupun bertahap.  Jika kerontokan secara tiba-tiba bisa jadi ini akibat dari penyakit atau obat-obatan tertentu, pola makan atau setelah melahirkan. Sedangkan yang bertahap sering disebabkan oleh faktor keturunan.

rambut rontok

Rambut rontok normalnya adalah sekitar 50-100 helai per harinya dan diikuti dengan tumbuh rambut baru yang diawali dengan fase anagen yang mana akan bertahan selama 2-6 tahun. Dan rambut ini akan rontok dan bakal tumbuh lagi 2-3 bulan setelah rontok.

Masalah kerontokan rambut biasanya yang paling sering terjadi adalah faktor keturunan yang merupakan proses alami yang tidak membahayakan kesehatan. Penanganan rambut rontok seperti ini bisa menggunakan obat-obatan atau tranplantasi rambut agar tidak mengalami kebotakan.

Berikut ini Penyebab rambut rontok yang harus Anda ketahui:

Stres

Jika Anda mengalami stres karena memikirkan sebuah masalah, ini akan berpengaruh pada rambut Anda. Walaupun bersifat sementara rambut Anda akan mengalami kerontokan dalam jumlah yang banyak.

Kelebihan Vitamin A

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari health.com, orang yang terlalu banyak mengonsumsi vitamin A dapat memicu kerontokan rambut. Makanya Anda harus benar-benar memperhatikan konsumsi suplemen vitamin A  jangan sampai berlebihan jika tak ingin mengalami kerontokan rambut.

Kekurangan Protein

Kalau kelebihan vitamin A bermasalah, ternyata jika kekurangan protein juga menimbulkan masalah kerontokan rambut. Hal ini karena protein merupakan zat pembangun utama tubuh termasuk sel rambut. Sehingga jika asupan protein sedikit akan melemahkan struktur rambut dan memperlambat pertumbuhan rambut.

Anemia

Anemia tau kekurangan zat besi akan menyebabkan tubuh lemah, mudah lelah dan kulit memucat. Kemungkinan Anda juga akan mengalami sakit kepala, telapak tangan dan kaki dingin serta kerontokan rambut.

Kulit kepala tidak sehat

Kulit kepala yang tidak sehat akan menyebabkan peradangan dan menyulitkan rambut untuk tumbuh dengan baik. Selain itu bisa menimbulkan ketombe, dermatitis seboroik, psoriasis yang menjadi penyebab rambut rontok.

Pemakaian Hair Dyer

Semakin Anda sering menggunakan Hair Dryer maka Akan semakin cepat rambut Anda mengalami kerontokan. Hal ini karena penggunaan hair dryer ini akan merusak sifat alami rambut dan menghilangkan kelembaban alami rambut .

Gangguan Kelenjar Tiroid

Gangguan kelenjar tiroid dapat menyebabkan kerontokan rambut karena ketika kondisi kelenjar tiroid tidak bekerja dengan optimal akan menyebabkan beberapa gejala kenaikan berat  badan, kelelahan, sembelit, depresi, sulit berkonsentrasi dan rambut mudah rontok.

Setelah mengetahui apa penyebab rambut rontok yang perlu Anda ketahui adalah bagaimana mengatasinya.

Cara mengatasi rambut rontok

Bawang dan Madu

Kandungan sulfur pada bawang sangat efektif untuk mengatasi rambut rontok yang berlebihan. Cara pengaplikasiannya cukup mudah yaitu campurkan air perasan bawang dan satu sendok makan madu. Setelah tercampur rata oleskan ke kulit kepala dan diamkan selama 2 jam baru kemudian dibilas. Untuk hasil yang maksimal lakukan perawatan secara rutin.

Jus Jahe

Jus jahe untuk mengatasi rambut rontok ini bukan untuk di minum. Tapi dioleskan ke kulit kepala, caranya haluskan jahe kemudian aplikasikan ke kulit kepala dan diamkan selama 30 menit atau semalaman. Kemudian dipagi hari dibilas dengan shampo sampai bersih.

Santan Kelapa

Kelapa sering kali digunakan sebagai bahan baku membuat shampo dan kondisioner. hal ini karena kelapa ini mampu menjadi pelembab yang sangat bagus. untuk mengatasi kerontokan rambut anda bisa mengoleskan santan ke akar rambut dan didiamkan selama 10 menit, setelah itu bilas sampai bersih.

Masker telur

Salah satu cara yang cukup efektif mengatasi kerontokan rambut adalah dengan menggunakan masker telur. Alasannya karena telur mengandung protein yang akan merangsang rambut mengalami pertumbuhan. Untuk pengaplikasiannya cukup mudah yaitu campurkan satu telur dengan satu sendok makan minyak zaitun. Sebelumnya cuci rambut kamu dengan shampo. Setelah itu gunakan telur sebagai masker dan ditutup dengan topi mandi serta dibiarkan selama 10 menit. Lalu bilas dan bersihkan dengan kondisioner pelembab.

Nah, itu tadi penyebab rambut rontok dan bagaimana mengatasinya. Mudah-mudahan Anda yang memiliki masalah kerontokan rambut bisa mempratekkannya.

Posted by Admin 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Dec
17