You are here:

Halo, Backpacker! Ini Rekomendasi Wisata Murah Meriah di Jakarta

 

Sepertinya, jalan-jalan ala backpacker sedang sangat digandrungi sampai sekarang, ya? Bermodalkan beberapa lembar uang dan barang-barang keperluan seadanya, Anda sudah bisa mengunjungi tempat-tempat menarik di Indonesia, termasuk Jakarta sebagai wilayah ibu kota. Tidak tertarik? Jangan dulu bilang begitu. Jakarta tetap asyik meski padat dan macet. Pun, Kota Metropolitan ini juga punya tempat wisata untuk para backpacker, kok!

1/ Monas

Ya, ikon Kota Jakarta, Monumen Nasional atau bisa disebut Monas. Monumen yang menyimpan berjuta cerita sejarah masa pemerintahan presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno. Bagian dalam monumen dengan puncak emas ini memamerkan diorama masa perjuangan dan proses pembangunan monumen ini.

(sumber : twisata.com)

Puas napak tilas, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan berkeliling area taman yang begitu luas dan berfoto. Jika Anda berkunjung sampai malam di akhir pekan, akan ada pertunjukan Air Mancur Menari yang selalu dinanti para wisatawan dan masyarakat setempat yang bertandang.

2/ Taman Ismail Marzuki

Destinasi berikutnya adalah tempat anak-anak muda Jakarta menghabiskan waktu untuk bercengkerama dan berdiskusi, Taman Ismail Marzuki. Area taman ini memiliki sebuah gedung kesenian dengan arsitekturnya yang sangat unik. Di bagian dalam gedung, Anda bisa menyaksikan film terbaru di bioskop. Ada pula galeri yang memamerkan seni-seni tradisional hingga internasional.

3/ Taman Mini Indonesia Indah

Mengenal Indonesia lebih jauh tidak perlu dengan menghabiskan uang dan berkunjung ke sana. Cukup datang saja ke TMII atau Taman Mini Indonesia Indah, karena di sini, Anda akan disuguhi dengan miniatur Negara Indonesia dari Sabang hingga ke Merauke. Rumah-rumah adat, alat musik, pakaian adat, semua bisa Anda lihat di sini.

Tidak hanya itu, tersedia pula wahana-wahana bermain yang sayang untuk dilewatkan. Ada Teater Keong Emas, wahana Kereta Gantung untuk membawa Anda berkeliling melihat TMII dari ketinggian tanpa perlu berjalan kaki, hingga Istana Anak yang sarat akan edukasi untuk sang buah hati.

4/ Museum Fatahilah dan Kota Tua

Kota Tua Jakarta yang berada di kawasan Jakarta Utara, kini telah menjadi area wisata yang benar-benar menarik. Wilayah yang sangat terkenal dengan Pelabuhan Sunda Kelapa ini memiliki cerita sejarah masa perjuangan yang begitu kentara. Bangunan-bangunan bergaya Eropa kuno berdiri megah dan masih terawat hingga kini. Museum Fatahilah sebagai saksi bisu perjuangan Bangsa Indonesia pun telah dipugar dan menjadi lebih indah.

(sumber : rukita.co)

Tak jauh dari Museum Fatahilah, Anda bisa berjalan kaki mengunjungi museum-museum lain yang menawarkan cerita berbeda. Ada museum Bank Indonesia yang mengedukasi tentang sejarah dan perkembangan mata uang di Indonesia, Museum Bank Mandiri yang menampilkan cerita sejarah bank tersebut, juga Museum Wayang dengan ragam wayang yang unik.

5/ Setu Babakan

Tak lengkap kunjungan Anda ke Jakarta jika tidak menyambangi kawasan budaya Betawi Setu Babakan. Mari mengenal masyarakat Betawi lebih dekat, memelajari silat, memainkan alat musik tanjidor, mencoba mengenakan ondel-ondel, mencoba pakaian adat khas Betawi, melihat bagaimana roti buaya dibuat, hingga mencicipi enaknya dodol khas Betawi. Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan ini menjadi tempat terbaik untuk Anda yang ingin bercengkerama dan menghabiskan waktu bersama masyarakat asli Betawi.

Nah, sebelum memulai perjalanan, Anda tentu harus memesan hotel syariah di Jakarta untuk tempat beristirahat. Tidak perlu khawatir, pesan hotel syariah di mana saja sekarang lebih mudah karena ada aplikasi Airy. Tersedia berbagai pilihan penginapan di ibu kota yang bisa Anda pilih sesuai dengan kondisi bujet. Liburan murah ke Jakarta tidak perlu mahal, bukan?

Posted by Admin 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Jan
28