You are here:

Jenis-Jenis Panel Listrik

 

Panel adalah susunan beberapa bidang yang membentuk suatu kesatuan bentuk dan fungsi. Panel listrik merupakan tempat pengaturan pembagi dan pemutus aliran listrik. Pintu panel adalah daun pintu yang terdiri dari beberapa keping papan kayu solid dirangkai oleh rangka / ram.

Panel listrik memiliki berbagai macam jenis berdasarkan bahannya, tipenya, jenis penggunaannya, fungsi kontrolnya. Berikut ini berbagai jenis panel listrik.

Berdasarkan jenis bahannya

  1. Panel Box Besi
    Jenis panel berbahan dari logam yaitu besi plat atau baja tuang yang dibentuk dengan cara press.
  2. Panel Box Plastic
    Jenis panel berbahan dari plastic, umumnya dari plastic berjenis HDPE karena sifatnya yang kuat, keras dan tahan lama terhadap suhu tinggi.

Berdasarkan jenis tipenya panel listrik terbagi menjadi tiga, yaitu:

  1. Wall Mounting
    Tipe panel yang ditempelkan pada dinding biasanya digunakan untuk panel-panel lighting, lift, gas dan mempunyai ukuran kecil.
  2. Free Standing
    Tipe panel yang konstruksinya lebih tinggi, panjang dan lebar dibandingkan, umumnya ukurannya 2200 x 1600 x 600 Mm
  3. Switch Gear (Panel Tegangan Menengah)
    Adalah jenis panel menengah yang mendistribusikan energy listrik ke panel-panel lebih kecil kapasitasnya melalui trafo tegangan yang digunakan mulai ari 3,3 KV, 6,6 KV, 20 KV dan 24 KV. Panel tipe ini bukan pensupply beban akhir hanya sebagai pemutus dan pembagi beban.

Berdasarkan jenis penggunaannya panel listrik terbagi menjadi tiga, yaitu:

  1. MVMDP (Medium Voltage Main Distribution Panel)
    Panel ini berfungsi sebagai pemutus, pemisah dan menyalurkan tenaga listrik/tegangan sebesar 20kv (20.000 volt) dari panel/gardu PLN, kemudian didistribusikan ke Step Down Transformer untuk diturunkan tegangan menengah menjadi tegangan rendah sebelum di diteruskan ke panel LVMDP.
  2. Panel LVMDP (Low Voltage Main Distribution Panel) atau Panel Utama Tegangan Rendah
    Adalah panel yang berfungsi sebagai pemutus, pengaman bagi feeder dan menerima daya listrik dari trafo untuk selanjutnya didistribusikan ke panel-panel distribusi tegangan rendah. Didalamnya berisi peralatan pengaman, distribusi dan alat-alat ukur.
  3. Panel LVSDP (Low Voltage Sub Distribution Panel)
    Adalah panel yang berfungsi mendistribusikan tenaga listrik dari Panel LVMDP menuju panel lokal atau ke beban listrik/peralatan elektrikal seperti lampu, stop kontak, AC, Motor Listrik dan lain-lain.

Berdasarkan fungsi kontrolnya panel listrik dibagi 3 yaitu:

  1. Panel kontrol genset
  2. Panel kontrol motor
  3. Panel kontrol faktor daya

Panel listrik perlu dilakukan perawatan secara rutin dan berkala agar fungsinya selalu bekerja dengan baik. Untuk perawatan panel listrik dapat menggunakan jasa yang telah banyak tersedia. Selalu pergunakan jasa perawatan panel yang telah berpengalaman dan kompeten di sewatama.

Posted by Admin 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Jan
18